MAFIA BIKIN KAYA kadang BIKIN SENGSARA

Jumat, 24 Februari 2012

Khutbah Jum'at/kapan qiyamat


اَلْحَمْدُ ِللهِ الْقَائِلِ :

لَوْ أَنْزَلْنَا هَذَا الْقُرْءَانَ عَلَى جَبَلٍ لَرَأَيْتَهُ خَاشِعًا مُتَصَدِّعًا مِنْ خَشْيَةِ اللَّهِ وَتِلْكَ اْلأَمْثَالُ
نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ
اَشْهَدُ اَنْ لاَ ِالــهَ اِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ,
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ الــِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ.
عِبَادَ الله اِتَّقُوْا الله اُوْصِيْكُمْ وَاِيـَّايَ بِتَقْوَى الله فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.
 Sidang Jumaat yang dirahmati Allah,
Alhamdulillahi rabbil “alamin, kita masih diberi rahmat,nikmat, hidayah, kesehatan oleh Allah SWT dan  merupakan karuniaNya  pula sehingga kita  terhindar dari  bencana, seperti mewabahnya ulat berbulu yang terjadi di Probolimggo dan sekitarnya.Merupakan rahmat pula kita terhindar Bencana alam gempa bumi beserta tsunami yang terjadi di Jepang ataupun seperti di Aceh dulu, sehingga kini kita masih dapat menjalankan aktifitas sehari-hari seperti dapat shalat jum’at dengan tenang dll. Dengan sebaik-baiknya.
Hadirin yang berbahagia!
Mari kita tingkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.Insya Allah arti dan maksud taqwa kita sudah memakluminya. Singkatnya unsur taqwa ada 2 macam:yaitu:
1.Kita wajib menjalankan semua perintah Allah SWT.sebagai contoh: kita wajib menjalankan sholat 5 waktu, puasa, zakat, naik haji bagi yang kuasa dll.
2. Kita wajib menjauhi semua laranganNya; sebagi contoh: kita harus menjauhi Mo.limo (1.maling, termasuk korupsi, 2. madon (zina termasuk selingkuh), 3. minum minuman keras, apapun namanya, 4. madat. 5. main judi ) dsb.
Hadirin yang mulya!
Mari kita merenung sejenak, dan bertafakur, bahwa sekitar 1 bulan yang lalu, tepatnya Jum’at, tgl 11-3-11, telah terjadi  gempa bumi disertai tsunami, yang besarnya 8,9 sekala reiihcter, telah menghancurkan bangunan2, memorat-maritkan sarana dan prasarana dan ribuan manusia bergelimang sehingga tak bernyawa. Dsb. Demikian juga beberapa tahun yang lalu tepatnya tgl 26 Desember 2004, telah terjadi gempa diikuti tsunami besarnya sekitar 6,8 sekala Reikter, korbanya tak jauh beda dengan kejadian di Jepang. Dan masih banyak lagi kejadian alam yang harus kita renungi dan kita angan dengan sepenuh hati. Kenapa muncul ulat (uler) yang menjijikkan dan meresahkan yang jumlahnya tak karuan, padahal sebelumnya tak pernah ada? Mengapa terjadi bencana dan tsunami? Mengapa sering banjir? Mengapa bencana kok selalu bermunculan? Apakah itu peringatan dari Tuhan? Ataukah itu ujian Tuhan? Ataukah itu Hukuman Tuhan? Dari pertanyaan 2 itu para fakar jawabanya berbeda-beda. Ada yang menjawab itu merupakan prosesi alamiah belaka, ada yang menjawab: itu adalah peringatan Tuhan, ada yang mengatakan itu ujian Tuhan, ada pula yang mengatakan itu adalah hukuman Allah kepada umat yang sudah keterlaluan melanggar hukum yang telah digariskan oleh Allah SWT. Wallahu A’lam.
Hadirin, Yang mulya.
Dari peristiwa gempa dan tsunami yang pernah terjadi di dunia ini, yang besarnya di bawah 10 SR. sudah cukup menghancurkan beberapa asfek kehidupan dan membinasakan jutan jiwa, dsb. Coba kita bayangkan  dari  makna  S. Azilzalah:
“Apabilabumi digoncangkan dengan goncangan yang dahsat”.
Demikian juga pada S.Al-Qoriah:
Tahukah enkau Apakah Qiyamat itu?
“pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan”
Dan Gunung2 seperti bulu yang dihambur-hamburkan’
Mungkin, ada yang bertanya berapa sekala rikter getaran saat hari qiyamat, yang jelas lebih dari kejadian di Jepang maupun di Aceh.
Dari kejadian gempa dan tsunami itu, Mungkin, Allah hanya memberikan sedikit gambaran  nyata kepada kita, begitulah contoh secuil, sebagai gambaran  jika terjadi qiyamat yang sesungguhnya nanti.
Dari antara kita, mungkin ada yang bertanya, bukankah 1 tahun lagi akan terjadi qiyamat? Sebagaimana telah difilemkan pada filem qiyamat 2012 itu. Bagi yang telah biasa buka internet, kata ilmuwan perbintangan  pada tahun 2055 akan terjadi tabrakan planet2 dijagat raya ini, dan itu katanya akan terjadi qiyamat.
Hadirin, yang Mulya.
Allah SWT Telah menciptakan jutaan atau bahkan milyaran atau bahkan lebih banyak bintang dalam langit ciptaan-NYA. Kumpulan bintang-bintang kemudian kita sebut dengan nama “galaksi (galaxy)”. Terdapat banyak galaksi yang hanya ALLAH saja yang tahu jumlahnya. Salah satunya adalah galaksi dimana bumi kita berada di dalamnya. Pusat dari galaksi kita adalah matahari. Dengan kuasa ALLAH diciptakan-NYA benda-benda langit dan planet berputar mengelilingi matahari. Kumpulan planet yang bergerak mengelilingi matahari, kemudian kita sebut dengan nama “tata surya (solar system)”. Begitu pula dengan galaxy lain yang memiliki pusatnya sendiri. Putaran planet terhadap pusat galaxy kemudian kita kenal dengan nama “orbital atau orbit”. Atas kehendak ALLAH jua, diciptakanlah galaksi-galaksi itu berputar dalam jangka waktu dan kecepatan serta arah yang dikehendaki ALLAH.
Jika kita pernah mendengar keterangan-keterangan dari web NASA, mereka pernah mengatakan bahwa sudah banyak planet yang berbalik arah putar, jika pada planet bumi kita ini matahari masih terbit dari arah timur, maka beberapa tahun ini terdapat fenomena baru yang menurut mereka planet lain sudah mulai berbalik arah dan matahari terbit dari arah barat. Dari sisi ilmiah, inilah pertanda akhir zaman mendekati kiamat, sebagaimana petunjuk dari Rasullullah shallallahu ‘alaihi wassalam. Adalah kemudian menurut para ilmuwan dari sekian banyak planet yang berbalik arah putar, mereka menemukan adanya.
 Bahwa suatu saat nanti Planet X ini tertarik (ditarik) oleh gaya grafitasi matahari yang besar dalam tata surya kita, sehingga kemudian ia masuk ke dalam orbit planet-planet dalam keadaan berbalik arah, dan suatu masa nanti planet X akan bertabrakan dengan bumi. Ilmuwan menyebut 50 tahun lagi planet X (Nibiru) ini akan memasuki orbit tata surya kita, sejak ia ditemukan tahun 2003 lalu.bukankah  Berarti kiamat boleh terjadi pada 2053? ALLAH-lah pemilik-NYA. Manusia hanya diberi mata, otak dan akal untuk melihat tanda-tanda kebesaran ALLAH subhanahu wa ta’ala.
Hadirin, yang Mulya.

 Paling tidak ada Sepuluh tanda-tanda qiamat yang disebutkan Rasulullah saw. dalam hadisnya, yang dimaksud adalah tanda-tanda qiamat yang besar-besar, akan terjadi di saat hampir tibanya hari qiamat. Sepuluh tanda itu  bisa dilihat dalam shokeh Muslim: antara lain:
  1. Dukhan (asap) yang akan keluar dan mengakibatkan penyakit yang seperti selsema di kalangan orang-orang yang beriman dan akan mematikan semua orang kafir.
  2. Dajjal yang akan membawa fitnah besar yang akan merenggut keimanan, sehingga banyak orang yang akan terpedaya dengan seruannya.
  3. Dabbah-Binatang besar yang keluar dari  Bukit Shafa di Mekah yang akan bercakap bahawa manusia tidak beriman lagi kepada Allah swt.
  4. Matahari akan terbit dari tempat tenggelamnya. Maka pada saat itu Allah swt. tidak lagi menerima iman orang kafir dan tidak menerima taubat daripada orang yang berdosa.
  5. Turunnya Nabi Isa alaihissalam ke permukaan bumi ini. Beliau akan mendukung pemerintahan Imam Mahdi yang berdaulat pada masa itu dan beliau akan mematahkan segala salib yang dibuat oleb orang-orang Kristiani dan beliau juga yang akan membunuh Dajjal.
  6. Keluarnya bangsa Ya’juj dan Ma’juj yang akan membuat kerusakan dipermukaan bumi ini, iaitu apabila mereka akan menghancurkan dinding yang dibuat dari besi bercampur tembaga yang telah didirikan oleh Zul Qarnain bersama dengan pembantu-pembantunya pada zaman dahulu.
  7. Gempa bumi di  negara Timur.. Bisa jadi ini mengacu kepada gempa di China, Tsunami di Aceh.
  8. Gempa bumi di negara Barat. Bisa jadi ini akan terjadi di daerah Mexico, Argentina, Brazilia dan negara-negara Amerika Latin
  9. Gempa bumi di Semenanjung Arab.. Kemungkinan kasus longsor di Mesir sebagai pembukanya.
  10. Api besar yang akan menghalau manusia menuju ke Padang Mahsyar. Api itu akan bermula dari arah negeri Yaman. (Apa ini bahaya Nuklir?)
Menurut pendapat Imam Ibnu Hajar al-Asqalani di dalam kitab Fathul Bari beliau mengatakan: pendapat yang terpilih dari himpunan hadis-hadis Rasulullah Saw. bahwa keluarnya Dajal adalah yang mendahului segala tanda-tanda besar yang mengakibatkan perubahan besar yang berlaku dipermukaan bumi ini. Keadaan itu akan disudahi dengan kematian Nabi Isa alaihissalam (setelah beliau turun dari langit). Kemudian terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya adalah permulaan tanda-tanda qiamat yang besar yang akan merusakkan sistem alam cakrawala yang mana kejadian ini akan disudahi dengan terjadinya peristiwa qiamat yang dahsyat itu. Barangkali keluarnya binatang yang disebutkan itu adalah terjadi di hari yang matahari pada waktu itu terbit dari tempat tenggelamnya”.
Nabi SAW,tidak menyebut bulan dan tahun kapan qiyamat,  hanya menyebutkan tanda2 sebagaimana tersebut di atas. Hanya Allah SWT lah yang tahu kapan qiyamat.
Kiranya yang penting, mari kita interofeksi diri kita sendiri, sudah cukupkah bekal kita untuk menghadap kepada Sang Khaliq, berat manakah kira 2 timbangan antara amal baik dan amal buruk kita, andai qiyamat akan terjadi 1 than lagi, berarti masih ada ksempatan 1 tahun lagi, andai qiyamat masih pada tahun 2055, masih ada kesempatan  sekitar 40 tahun lagi, namun kita tidak tahu pasti, apakah jum’at mendatang lagi masih diberi  kesempatan hidup lagi atau tidak,  kita tidak tahu pasti besok ini masih  dapat bertemu dan beraktifitas keduniawian seperti ini, lagi atau tidak? Wallahu A’lam. Oleh karena itu mari mulai detik ini, berusaha memperbaiki diri, perbanyak dzikir, perbanyak amal shaleh lainnya dan mengurangi perbuatan dosa. Semoga kita mendapat ridlaNya, ampunanNya dan andai ajal  menjempunya semoga dalam keadaan Husnul Khotimah. Amin.

Demikianlah, khutbah kami ini,  jika ada yang tak berkenan mohon maaf, demikian  juga jika ada  kurang dan lebihnya mohon maaf  dan semoga  ada manfaatnya.Amin

أَقُولُ قَوْ لِي هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ فَاسْتَغْفِرُوْهُ اِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيْمُ.

Khutbah Kedua
اَلْحَمْدُ ِللهِ الْقَائِلِ :
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِاْلاِتِّحَادِ وَاْلاِعْتِصَامِ بِحَبْلِ اللهِ الْمَتِيْنِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، إِيَّاهُ نَعْبُدُ وَإِيَّاُه نَسْتَعِيْنُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَلْمَبْعُوْثُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ. عِبَادَ الله، اِتَّقُوا اللهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ وَسَارِعُوْا إِلَى مَغْفِرَةِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَقَرَابَتِهِ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّاتِهِ أَجْمَعِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ جَمِيْعَ وُلاَةَ الْمُسْلِمِيْنَ، وَانْصُرِ اْلإِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَأَهْلِكِ الْكَفَرَةَ وَالْمُشْرِكِيْنَ وَأَعْلِ كَلِمَتَكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ. اَللَّهُمَّ افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَّا بِالْحَقِّ وَاَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِيْنَ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيتَآئِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَادْعُوْهُ يَسْتَجِبْ لَكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar